Tuesday, June 18, 2019

5 TIPS MUDAH MELAKUKAN AUDIT DI PERUSAHAAN DAGANG

Audit adalah suatu pemeriksaan yang bermakna evaluasi terhadap suatu organisasi, sistem, proses, atau produk. Audit penting dilakukan di setiap perusahaan, salah satunya perusahaan dagang. Audit dilakukan untuk mengurangi risiko terjadinya selisih, kehilangan, mangantisipasi kemungkinan terjadinya kecurangan, dan memastikan bahwa setiap prosedur telah dilakukan sesuai standar perusahaan.

Dengan melakukan audit, Anda juga lebih mudah untuk mengetahui kondisi persediaan barang, mana persediaan yang bergerak lambat (slow moving), persediaan yang telah usang atau tidak tren (obsulute), dan persediaan yang rusak (defective). Untuk memudahkan proses audit, cobalah ikuti beberapa tips berikut ini.

Melakukan Stock Opname


Stock opname adalah kegiatan penghitungan fisik persediaan. Di mana hasil yang didapat akan dicocokan dalam pembukuan. Stock opname biasanya dilakukan di gudang perusahaan, namun implementasinya stock opname dilakukan tergantung barang yang disimpan. Jika barang dapat dihitung secara fisik, stock opname bisa dilakukan, tapi jika tidak bisa, Anda cukup mengirim konfirmasi. 

Observasi atas Stock Opname


Setelah melakukan stock opname, cobalah lakukan observasi dari hasil penghitungan yang telah Anda lakukan. Untuk final check persediaan, Anda bisa melakukan akurasi matematika (penjumlahan dan perkalian). Coba cocokan quantity per book dengan kartu persediaan dan cocokan quantity per count dengan count sheet yang Anda miliki. Sebelum mengirim konfirmasi persediaan consignment out, cobalah cocokan total value dengan buku besar persediaan.

Meninjau Ulang Persediaan


Di tahap ini, cobalah lihat bagaimana keadaan persediaan barang yang Anda miliki dan bandingkan dengan persediaan sebelum audit. Periksa cut-off penjualan dan cut-off pembelian, serta cari tahu apakah ada barang-barang yang slow moving, defective, obsolute, atau hilang? Dalam proses ini, Anda juga harus memeriksa apakah ada persediaan yang menjadi jaminan atas utang kepada bank maupun pihak lainnya. Jika ini terjadi Anda harus segera mengambil tindakan dengan cepat untuk menghindari kerugian pada perusahaan.

Menyusun Laporan Hasil Stock Opname


Setelah melakukan semua hal di atas, kini saatnya Anda menyusun laporan dari hasil audit tersebut. Berdasarkan data yang Anda dapatkan, Anda dapat mengetahui apakah ada barang yang jumlahnya tidak sesuai dengan pembukuan, apakah ada barang yang sudah tidak layak jual, barang mana yang masih bisa dipakai, dan lain sebagainya. Saat melakukan audit, Anda harus menuliskan seluruh informasi dari hasil temuan Anda dalam laporan khusus. Dalam laporan ini, Anda juga bisa menuliskan saran, masukan, ataupun solusi untuk kepentingan perbaikan kedepannya.

Menyesuaikan Persediaan


Dengan hasil laporan stock opname yang tersusun dengan rapi, Anda dapat lebih mudah melihat kondisi persediaan dan melakukan perbaikan atau penyesuaian sesuai masukan dalam laporan. Misalnya, Anda harus segera menghubungi pihak ketiga untuk melakukan pemesanan terhadap barang yang memiliki permintaan tinggi. Atau Anda harus menarik barang-barang tertentu karena kualitasnya sudah tidak layak jual. Di tahap ini, Anda harus melakukan penyesuaian berdasarkan kebijakan yang telah diterapkan perusahaan.

Konsultasikan keluhan keuangan bisnis anda pada kami, siap membantu apapun kendala keuangan anda. Kami menyediakan berbagai macam jasa keuangan diantaranya :
  1. Jasa Pembukuan dan Jasa Akuntansi /Accounting Services
  2. Jasa Penyusunan Laporan Keuangan 
  3. Jasa Audit/ Atestasi/ AUP (Rekanan Kantor Akuntan Publik Terdaftar)
  4. Jasa Konsultasi Manajemen & Keuangan/ Financial Management Services
  5. Jasa Konsultasi Perpajakan/ Tax Services
  6. Penjualan Software Accounting & Kasir (POS) Offline dan Online
  7. Jasa Pelatihan (Training Akuntansi dan Software Akuntansi/ Kasir)
KANTOR KONSULTAN KEUANGAN PEKANBARU
KANTOR JASA AKUNTANSI PEKANBARU
KANTOR KONSULTAN PAJAK PEKANBARU
KANTOR AKUNTAN PUBLIK PEKANBARU
KONSULTAN KEUANGAN PEKANBARU
KONSULTAN PAJAK PEKANBARU
SOFTWARE AKUNTANSI PEKANBARU
SOFTWARE ACCOUNTING PEKANBARU
SOFTWARE KASIR PEKANBARU
SOFTWARE POS PEKANBARU
PT. LADFANID KONSULTINDO BATAM
JASA PEMBUKUAN PEKANBARU
JASA PERPAJAKAN PEKANBARU
JASA AKUNTANSI PEKANBARU

No comments:

Post a Comment

KONSULTAN PAJAK PEKANBARU, KANTOR AKUNTAN PUBLIK PEKANBARU, SOFTWARE AKUNTANSI & KASIR PEKANBARU

KONSULTAN PAJAK PEKANBARU, KANTOR AKUNTAN PUBLIK PEKANBARU, SOFTWARE AKUNTANSI & KASIR PEKANBARU
PT. Ladfanid Konsultindo Batam adalah penyedia layanan jasa konsultansi manajemen lainnya seperti Akuntansi, Keuangan, Audit, Atestasi, AUP (Rekanan Kantor Akuntan Publik Terdaftar), Perpajakan, IT, Program/ Software Akuntansi & Kasir (POS), dan Manajemen Bisnis Lainnya.